Wednesday, May 22, 2019

Bahkan Introvert Tidak Bisa Hidup Sendiri (Video)


Bahkan Introvert Tidak Bisa Hidup Sendiri (Video)

-


Assalamua'laikum Teman-teman. Semoga sehat selalu ya.

Kali ini, Arubiy tidak mau menulis sesuatu. Tapi mau menyebarkan salah satu video yang dibuat oleh Muabeyond di Youtube. Di videonya, Muabeyond bercerita tentang kondisi yang mungkin aja dialami anak rantau tanpa kita sadari.

Penasaran? Langsung aja tonton di bawah ini~


Read More

Monday, May 20, 2019

Angkot Akan Musnah dalam 5 Tahun Kedepan


Angkot Akan Musnah dalam 5 Tahun Kedepan
Oleh: Arubiy & Muabeyond | Editor: -

-

"Tentu saja judulnya clickbait banget ya, tapi Arubiy percaya angkot benar-benar bisa menghilang dari Indonesia."

Assalamua'laikum, disini Arubiy. Kembali lagi di blog Arubiy dan kali ini Arubiy mau ngomongin hal yang agak berbobot, yaitu tentang transportasi publik di Indonesia.

Arubiy tertarik ngebahas ini setelah terjadi diskusi dengan Muabeyond (baca: www.muabeyond.com) tentang salah satu platform digital yang dibuat alumni salah satu perguruan tinggi di Indonesia, yaitu angkoters. Tidak hanya itu, dalam diskusi tersebut, Muabeyond juga kerap membandingkan transportasi publik di Indonesia dengan transportasi publik di negara lain. Sampai akhirnya, Arubiy memutuskan membuat artikel ini.

Sebelumnya, buat teman-teman yang butuh transportasi publik privat selain taksi, teman-teman bisa banget buat carter angkot di Bandung menggunakan www.angkoters.com.

Oke, kita mulai aja.

Ada banyak alasan kenapa angkot atau angkutan kota merupakan hal yang penting dalam masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, keberadaaan angkot pada awal kemunculannya disebut sebagai salah satu revolusi transportasi publik Indonesia karena menawarkan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik dari beberapa transportasi publik Indonesia lainnya, seperti becak. 

Kalau kita melihat ke judul dari artikel ini, mungkin ada yang berpikiran ini clickbait banget ya artikelnya. Tentu saja judulnya clickbait banget ya, tapi Arubiy percaya angkot benar-benar bisa menghilang dari Indonesia. Kenapa?

Arubiy bisa mengatakan bahwa angkot merupakan sebuah perusahaan yang besar namun tidak mempunyai visi didalamnya. Tentu saja, hal ini ternyata dipengaruhi oleh pengelola angkot yang merupakan individu atau korporasi dibawah koperasi yang berbadan hukum.

Jeleknya, para pengusaha yang mengelola angkot ini tidak mau berinovasi dan merasa tidak perlu ada sebuah inovasi dalam pengelolaan angkot. Hal ini, menurut Arubiy, merupakan sebuah kesalahan fatal yang akan menyebabkan angkot akan kalah bersaing dengan sebuah penyedia jasa yang sama namun dengan inovasi yang lebih disruptif dan mengalahkan angkot disemua aspek.

Loh, kok gitu? Memangnya se-fatal itu ya?

Mari Arubiy jabarkan. Setidaknya ada 5 faktor yang akan menyebabkan angkot akan musnah dari Indonesia dalam beberapa tahun kedepan.

1. Tarif

Sampai saat ini, angkit masih menggunakan sistem pembayaran jasa menggunakan standar pengalaman dan kebiasaan. Ga percaya? Coba aja kamu cari angkot terdekat di sekitaran kamu tinggal dan kamu naik angkot tersebut. Kamu kemungkinan besar akan bayar sesuai dengan pengetahuan kamu, pengalaman kamu atau bahkan tidak tahu bayar berapa. Tentu saja, hal ini dikarenakan tarifnya masih ditentukan sendiri oleh pengemudinya atau memang sesuai dengan pengalaman yang kamu punya. 

Tentu, sebenarnya mungkin sudah ada standar tentang tarif tersebut. Namun, pada pengaplikasiannya, hal ini jauh dari kata telah diterapkan. Ini juga merupakan bukti yang kuat bagaimana terjadi ketidak-jelasan tarif dari jasa layanan angkot. 

2. Layanan

Layanan angkot di beberapa kota bisa dikatakan menjadi salah satu layanan transportasi publik terburuk  yang pernah ada. Pengemudi yang tidak punya SIM, cara mengemudi yang ugal-ugalan, waktu keberangkatan yang tidak jelas, dan layanan-layanan buruk dari angkot lainnya adalah contoh dari tidak profesional dari layanan angkot.

Memang, tarif yang bisa dibilang relatif murah dibandingkan dengan beberapa transportasi publik lainnya. Namun, harga murah bukanlah sebuah alasan membuat layanan yang diberikan menjadi sangat buruk. 

3. Keamanan 

Angkot di banyak kota hampir tidak pernah mempertimbangkan sisi keamanan. Tidak ada nya airbag di kursi disebelah pengemudi, pintu kendaraan yang terbuka, tidak adanya sabuk keamanan dan masih banyak lainnya. 

Tidak berhenti disitu, cara pengemudi yang mirip seperti menaiki roller coaster juga menambah ketegangan saat berada didalam angkot. Tidak ada keamanan sama sekali, hanya senam jantung.

4. Kompetitor

Saat ini, sangat jelas terlihat, angkot bukanlah pilihan utama masyarakat dalam bepergian menggunakan transportasi publik. Lihat saja saat ini, banyak muncul transportasi publik baru yang tersedia. MRT, LRT, KRL, transportasi online dan masih banyak transportasi publik lainnya.

Kondisi banyaknya alternatif transportasi publik ini membuat terpecahnya pilihan masyarakat saat menggunakan transportasi publik dan membuat angkot bukanlah satu-satunya raja di jalanan lagi.

5. Inovasi

Masih ingat dengan perusahan telepon raksasa di tahun 2000-an? Ya, Nokia. Raksasa telepon selular yang telah menjual lebih dari jutaan telepon seluler ini akhirnya harus tunduk oleh perusahaan-perusahaan telepon seluler lainnya. Alasannya? Menolak berinovasi.

Hal yang sama pun tentu saja akan terjadi dengan angkot cepat atau lambat. Setelah berjaya selama puluhan tahun, para pengelola angkot cenderung malas berinovasi dan tidak memikirkan angkot perlu untuk melakukan inovasi. 

Padahal jika kita lihat seluruh transportasi publik di Indonesia, hampir semua nya telah melakukan inovasi yang sangat besar dan luar biasa. Bisa diambil contoh, e-money, sistem online dan beberapa inovasi lainnya yang sampai saat ini tidak pernah terlihat di angkot.

Memang, cukup berlebihan kalau Arubiy katakan angkot akan hilang dalam beberapa tahun lagi. Karena yang pastinya masih  banyak masyarakat di Indonesia yang bergantung dengan kebaradaan angkot.

Namun, Arubiy sangat yakin, apabila ke 5 hal tersebut tidak terdapat perubahan, hanya tinggal menunggu waktu melihat angkot tidak ada lagi di jalanan Indonesia.

Nah segitu dulu, cerita-cerita Arubiy tentang transportasi publik Angkot di Indonesia. Terima kasih juga buat Muabeyond atas waktu sharing nya sehingga artikel ini dibuat. Oh ya, Muabeyond juga akan masukin artikel ini di blognya muabeyond (baca: www.muabeyond.com) tapi tentu saja menggunagakan bahasa inggris. Jadi jangan lupa subscribe blog arubiyya.blogspot.com atau muabeyond.com dengan cara menekan tombol hijau di samping artikel ini  atau disini untuk baca artikel baru dari Arubiy.

Sekian dulu. Sampai jumpa~
Read More

Wednesday, May 15, 2019

Belajar Online Murah di Udemy? Bisa!


Belajar Online Murah di Udemy? Bisa!
Oleh: Arubiyya | Editor: -
-

Assalamu'laikum. Selamat datang kembali di blog Arubiy. Apa kabarnya teman-teman? Semoga selalu sehat dan ceria ya.

Di cerita kali ini, Arubiy mau nge-review salah satu platform belajar online yang Arubiy sering pakai, namanya Udemy.


Nah mungkin udah ada yang tahu dan pernah pakai juga ya, tapii kalau yang belum tahu, Arubiy mau share dikit nih. Udemy adalah salah satu platform belajar online yang tersedia di website (udemy.com), android (Google play Store) dan IOS (Apple Store). Dengan menggunkan Udemy, teman-teman bisa nyari banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari bahasa, teknologi, ekonomi dan masih banyak lain deh pokoknya. Nah, terus, kenapa sih Arubiy menggunakan Udemy?

Mau tahu alasannya? Ini dia Alasannya.

Pertama, ada diskon sampai 99%.

Oke, sedikit bocoran, Arubiy mulai tertarik dengan les online ini mulai dari Januari 2019. Waktu itu, Arubiy lagi nyari gimana sih caranya bisa belajar dasar bahasa Jepang dan Inggris yang murah. Ya, teman-teman pasti tahu lah ya, belajar bahasa asing itu terkenal mahal dan sebagai mahasiswa yang hidupnya pas -pasan, tentu aja Arubiy belum punya uang, hehe.

Sampai akhirnya, Arubiy mulai lah mencari di Google tentang cara belajar bahasa asing yang murah. Entah bagaimana ceritanya, Arubiy juga sedikit lupa, akhirnya Arubiy masuk ke situs Udemy yang ternyata merupakan tempat belajar online. Hal yang buat Arubiy kaget banget, saat itu ternyata Udemy sedang ulang tahun dan mereka ngasih diskon untuk semua pelajaran sampai dengan 99 %. Wow.

Langsung aja Arubiy cek pelajaran bahasa Inggris dan Jepang. Dan benar saja, pelajaran yang harga awalnya Rp. 2.300.000 bisa dibeli dengan harga Rp. 150.000 saja. Wow banget ga tuh. Akhirnya tanpa pikir panjang, Arubiy beli dua paket les yang punya review paling tinggi dari pengguna, 1 bahasa Inggris dan 1 bahasa Jepang, dengan total harga Rp.300.000 aja dari harga asli Rp.4.600.000. Lumayan banget diskon nya 94 %.

Kedua, bisa trial 30 hari dengan fitur pengembalian uang

Nah ini adalah salah satu fitur yang diberikan Udemy buat mereka yang pengen nyoba dulu sama pelajarannnya. Udemy memberikan pilihan pengembalian uang yang digunakan untuk membeli sebuah pelajaran apabila ternyata para murid merasa tidak cocok dengan pelajaran yang telah dibeli. Tentu saja, setelah 30 hari berlalu, fitur ini akan hilang dan pelajarannya tidak bisa dikembalikan lagi.

Arubiy sendiri belum pernah sih menggunakan fitur ini, karena ya memang Arubiydi Udemy supaya bisa belajar bukan pengen coba-coba. Tapi buat teman-teman yang penasaran sama fitur ini, bisa langsung dicoba aja kalau udah beli pelajarannya. :)

Ketiga, pembayaran nya yang mudah.

Ini juga salah satu alasan vital yang membuat Arubiy akhirnya mau membeli pelajaran di Udemy, yaitu karena bayarnya mudah. FYI nh, Arubiy merupakan pengguna ponsel pintar berbasis Android sehingga tentu saja dapat menggunakan Udemy versi aplikasi di Android. Nah tidak seperti saat kita beli di website yang membutuhkan paypal atau kartu kredit, Apabila teman-teman mau membeli les nya cukup menggunakan Google pay di Android saja. Kalau belum punya saldo nya, bisa top up di Indomaret, Alfamart atau paling mudah beli di aplikasi Gojek.

Benar-benar deh, teknologi emang memudahkan semuanya. Kita ga perlu keluar rumah, tinggal tekan-tekan ponsel, langsung deh bisa ikut les online.

Keempat, dan yang terakhir, ada Videonya~

Nah alasan terakhir ini adalah alasan yang akhirnya membuat Arubiy merasa tidak ada alasan untuk tidak membeli di Udemy. Kenapa? Karena standar belajar online adalah harus interaktif, minimal satu arah.

Menurut Arubiy pribadi, belajar itu harus ada 3 aspek, mendengar, menulis dan berbicara. Nah, untuk belajar online, tentu saja kita maunya semua aspek ini terpenuhi. Namun apabila tidak bisa semuanya, paling tidak minimal ada 2 aspek yang dapat dipenuhi, yaitu menulis dan mendengar. Oleh karena itu, Udemy lolos dari penilaian Arubiy~

Nah segitu dulu, review awal dari Arubiy yang beli Les online di Udemy. Ini Arubiy kasih liat screenshot beberapa interface Udemy dan pelajaran yang Arubiy udah beli. Di artikel selanjutnya, Arubiy ada rencana buat ngasih pandangan Arubiy setelah ikut les online ini sampai selesai. Jadi jangan lupa subscribe blog Arubiyya.Blogspot.com dengan cara menekan tombol hijau di samping artikel ini untuk baca artikel baru dari Arubiy.

Sekian dulu. Sampai jumpa~


Read More

Monday, April 15, 2019

Pesan untuk Karyawan Baru


Pesan untuk Karyawan Baru
oleh: Muabeyond | penerjemah: Arubiyya | Editor: -

-

2 bulan setelah saya diterima sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, ternyata perusahaan membuat sebuah acara dimana saya dan beberapa karyawan baru lainnya untuk dapat melakukan wawancara singkat dengan direktur dan beberapa petinggi lainnya. Jujur, situasi tersebut sangat menegangkan bagi karyawan baru untuk mendapat kesempatan bertemu dengan orang-orang penting dari perusahaan.

Saya yakin tujuan pertemuan ini adalah bagaimana perusahaan ingin lebih memahami karyawan barunya. Cukup besar tekanannya. Namun, ada satu momen yang tidak pernah saya lupakan sejak saat itu sampai hari ini, yaitu pesan dari direktur.

[Semua orang, karyawan baru, memiliki potensi besar dan semangat tinggi juga. Tapi pesan saya untuk Anda semua, jangan pernah kehilangan semangat itu, terus belajar dan jadilah karyawan yang mempunyai level global. tingkatkan levek bahasa inggris dan kuasai kemampuan lainnya. Ketika saat pertama saya memasuki perusahaan ini, mungkin seumuran dengan Anda semua, perusahaan ini masih membuat kapal. Bertahun-tahun kemudian, perusahaan ini tidak hanya membuat kapal dan membuat hal lain. Sekarang, perusahaan ini sama sekali tidak membuat kapal lagi. Semua berubah. Kita mungkin tidak tahu apa yang terjadi, 10 atau 20 tahun ke depan. Satu-satunya hal yang harus kita lakukan sekarang adalah memprediksi masa depan, beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat tanpa kehilangan identitas kita]. Kira-kira itulah pesan yang disampaikan oleh direktur kepada kami.

Setelah pertemuan itu, saya memikirkan pesan itu selama berbulan-bulan sampai saya secara resmi menjadi karyawan baru. Sampai berpikir dan berusaha menemukan apa pesan yang sebenarnya dan tersembunyi dari pak direktur. Hingga akhirnya,  saya percaya ada 5 hal yang harus kita perhatikan pada pesan itu, yaitu:

1. Kehidupan dan kebutuhan Manusia selalu berubah
2. Keadaan kita saat ini tidak cukup
3. Judul perusahaan besar dan global tidak menjamin apa pun
4. Kita perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman
5. Kita harus bangga dengan identitas kita

Saya mengerti sepenuhnya bahwa semua 5 hal bukanlah sesuatu yang mudah untuk diterapkan pada setiap karyawan, terutama karyawan baru yang masih belajar tentang kehidupan dan budaya perusahaan. Namun, sebagai karyawan yang hidup dalam masyarakat yang cepat berubah dan modern, pesan-pesan itu harus diterapkan mulai sekarang untuk bersiap menghadapi dan beradaptasi dengan masa depan.

-
Tulisan ini merupakan terjemahan dari artikel berjudul "Message for new employee" yang dipublikasikan oleh www.muabeyond.com dan dapat ditemukan disini.
Read More

Wednesday, April 10, 2019

Memangnya Bisa Pemilu di Luar negeri?


Memangnya Bisa Pemilu di Luar negeri?
Oleh: Arubiy | didukung: Muabeyond | editor: -


-

Di musim pemilu ini, pasti pembahasan tentang politik atau pemilu menjadi bahasan yang 'panas' banget buat didiskusikan. Tahun ini juga, Arubiy pertama kali mengikuti pemilu Presiden. Namun, sebelumnya Arubiy sudah pernah mengikuti pemilu walikota dan gubernur sehingga pemilu bukanlah hal yang baru buat Arubiy.

Namun, bagaimana kalau kita mengikuti pemilu di luar negeri? Arubiy belum pernah sih keluar negeri saat masa pemilu.

Tapi, kabar baiknya, mas Muabe saat ini sedang menetap di luar negeri dan dia buat podcast di youtube tentang informasi umum pemilu diluar negeri. Langsung cek aja podcast nya dibawah ini.

Jangan lupa like, share dan subscribe juga ya =D



Sampai jumpa di karya-karya selanjutnya dari Arubiy dan mas Muabe :D
Read More

Tuesday, April 9, 2019

Hari-hari yang Mengubah Segalanya


Hari-hari yang Mengubah Segalanya
Oleh: Arubiy | didukung: Muabeyond | Editor: -

-


Hari-hari yang mengubah segalanya adalah sebuah cerita bersambung karya dari mas Muabe. Pada awalnya, mas Muabe ingin mendistribusikan versi bahasa inggrisnya saja di situs muabeyond.com. Namun, setelah hiatus selama beberapa minggu, mas Muabe memutuskan akan mempublikasikan versi bahasa Indonesia nya terlebih dahulu di situs arubiyya.blogspot.com dan kemudian di publikasikan versi bahasa Inggrisnya di situs muabeyond.com.

Hari-hari yang mengubah segalanya adalah cerita tentang seorang mahasiswa dari Indonesia yang memutuskan untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Kehidupan tenang nya sebelum mengikuti program tersebut berubah drastis seperti kapal yang diterjang badai.

Mahasiswa ini tidak akan pernah menyangka bahwa keputusannya untuk mengikuti program ini akan mengubah seluruh kehidupan dan masa depannya. Menggunakan sudut pandang orang pertama, setiap episodenya bisa dinikmati dengan hanya meluangkan waktu 5 menit.


Hari-hari yang Mengubah Segalanya juga dipublikasikan dalam bahasa inggris di sini.

Read More

Monday, March 18, 2019

ASUS VivoBook F570: Sebuah Definisi Baru Laptop Modern




ASUS VivoBook F570: Sebuah Definisi Baru Laptop Modern
 
 
Laptop masa kini tidak berbeda jauh dengan laptop beberapa tahun yang lalu? Semua itu mungkin benar sampai ASUS mengeluarkan laptop terbaru mereka VivoBook Pro F570 dengan AMD NVIDIA.
 
Saat ini, perkembangan teknologi berbanding lurus dengan kurva eksponensial. Inovasi yang ada terus berhasil keluar dari prediksi pasar. Serta lagi-lagi, ASUS sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia kembali menunjukkan bahwa mereka lah pemimpin ranah teknologi laptop.
 
Menggandeng AMD serta Nvidia, di tahun 2019 ASUS meluncurkan VivoBook Pro F570. Dengan diluncurkannya laptop ini, ASUS berhasil membuat laptop modern pertama yang menggunakan kombinasi prosessor AMD dan kartu grafis NVIDIA.
 
ASUS VivoBook Pro F570 bukanlah sebuah laptop gaming. Laptop ini dibuat untuk segmen mainstream. Namun, apabila membahas spesifikasinya, laptop ini menggunakan prosessor AMD Ryzen 7 atau AMD Ryzen 5 yang merupakan prosessor terkencang buatan AMD saat ini. Meskipun bukan laptop gaming, ASUS juga menyematkan NVIDIA GeForce GTX 1050 yang merupakan salah satu spesifikasi wajib untuk laptop gaming. Menggabungkan prosessor terkencang dan kartu grafis yang buas di dalam laptop segmen mainstream, serta didukung dengan penyimpanan HDD 1 TB dan SSD 256 GB dan kapasitas RAM hingga 16 GB memberikan kesan bahwa ASUS berhasil membuat definisi standar baru untuk sebuah laptop modern yang mempunyai performa menakjubkan.
 
Dari segi pengalaman menikmati hiburan, ASUS memang tidak sulit untuk ditandingi. ASUS tidak lupa memasukkan salah satu fitur kebanggan mereka yaitu Audio Sonic Master Asus X Series. Fitur Audio milik ASUS ini merupakan salah satu yang terbaik saat ini dan akan memberikan pengalaman yang baru serta control penuh terhadap audio saat menikmati gim, film ataupun musik.
 
Tidak berhenti sampai disitu, ASUS terus mencoba memahami kebutuhan dari konsumennya. Salah satu cara ASUS memanjakan konsumennya adalah dengan memaksimakan pengalaman menggunakan VivoBook Pro F570. Bagaimana tidak, ASUS memberikan layer FHD 15.6” Anti-Glare untuk pengalaman pemakaian dengan layar yang luas, kemampuan fast charging dengan kemampuan mengisi 60% kapasitas dalam 49 menit dan memasukkan banyak perlindungan kedalam laptop seperti perlindungan suhu, perlindungan tegangan, perlindungan baterai, serta perlindungan adapter agar pengguna tidak perlu takut terjadi kerusakan yang tidak diinginkan saat menggunakan laptop ini.
 
Walaupun telah menyematkan seluruh fitur-fitur terbaiknya dalam VivoBook Pro F570 ini, ASUS tidak melupakan dari segi tampilan dan mobilitas pengguna. Benar saja, tampilan eye-catching VivoBook Pro F570 yang menggunakan warna hitam sebagai dasarnya serta bezel biru muda membuat laptop ini menjadi salah satu laptop paling stylish yang dibuat oleh ASUS. Ditambah lagi, beratnya yang hanya 1.9 Kilogram membuat laptop ini bisa menjadi pilihan siapa saja yang membutuhkan sebuah laptop untuk segala tujuan.
 
Tentu saja, ASUS memasukkan seluruh fitur seperti web-cam, USB 2.0, USB 3.0, USB-C yang merupakan port masa depan, HDMI, Bluetooth 4.2 menggunakan teknologi energi rendah, serta WIFI yang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna laptop saat ini.  ASUS berhasil mengeluarkan produk yang benar-benar memahami kebutuhan konsumennya.

 
 

3 Alasan Penting Memilih ASUS VivoBook Pro F570
 
Tapi apakah cukup hanya itu saja? Tentu tidak. ASUS sepertinya tidak mau membuat sebuah produk yang tidak layak untuk digunakan oleh konsumennya. Sebagai tambahan proteksi untuk pengguna, ASUS menempatkan sebuah sensor sidik jari kedalam laptop ini untuk meningkatkan proteksi dan pencegahan penyalahgunaan data pemilik laptop. 
 
ASUS benar-benar bekerja keras untuk dapat membuat sebuah laptop modern yang bisa dikatakan sempurna dalam memenuhi segala aspek kebutuhan pengguna.
 
ASUS menghadirkan laptop ini di Indonesia pada awal tahun 2019. ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 juga dijual eksklusif di JD.ID, melalui mobile site di https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau desktop site di https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html dengan harga mulai dari Rp. 13.999.000.
 
Dengan segala fitur dan keunggulannya, apakah ASUS VivoBook Pro F570 akan menjadi laptop pilihan mu?
Read More